PPSLI Sumut Gelar Pelatihan dan Uji Kompetensi Pengelolaan Limbah

PPSLI (Perkumpulan Pengelola Sampah dan Limbah Indonesia) Provinsi Sumatera Utara, menggelar 'Pelatihan dan Uji Kompetensi Pengelolaan Limbah', di Bahrain Room Hotel Madani.

topmetro.news – PPSLI (Perkumpulan Pengelola Sampah dan Limbah Indonesia) Provinsi Sumatera Utara, menggelar ‘Pelatihan dan Uji Kompetensi Pengelolaan Limbah’, di Bahrain Room Hotel Madani.

Kegiatan yang bekerja sama dengan Propertama ini terbagi dua sesi. Yaitu sesi pelatihan mulai tanggal 3-4 Agustus 2022. Sementara uji kompetensi akan berlangsung besok, Jumat (5/8/2022).

Pelatihan dan uji kompetensi tersebut adalah dalam rangka peningkatan kapasitas bagi dunia usaha dalam memenuhi sertifikasi kompetensi. Hal ini sesuai dengan amanat beberapa peraturan terkait, antara lain: Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Juga Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 05 Tahun 2018 tentang Standar dan Sertifikasi Kompetensi Penanggung Jawab Operasional Pengolah Air Limbah dan Penangung Jawab Pengendalian Pencemaran Air.

Lalu, Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 06 Tahun 2018 tentang Standar dan Sertifikasi Kompetensi Penanggung Jawab Operasional Instalasi Pengendlian Pencemaran Udara dan Penanggung Jawab Pengendalian Pencemaran Udara.

Kemudian, Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 06 Tahun 2021 tentang Tata Cara Persyaratan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun. Serta Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 01 Tahun 2021 tentang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Utara sendiri menyambut baik kegiatan pelatihan dan sertifikasi kompetensi ini. Di mana penyelenggaranya adalah DPP (Dewan Pengurus Provinsi) PPSLI Sumatera Utara. Bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Lingkungan Hidup Nasional (LSP LHNas) yang telah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Ada beberapa narasumber berkompeten yang memberikan materi pelatihan. Di antaranya, Dr Indra Utama SE MSi dengan judul pelatihan, ‘Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah – OPPA’.

Di mana topik pembahasan meliputi, pengoperasikan instalasi pengolahan air limbah. Kemudian, menilai tingkat pencemaran air limbah, melakukan perawatan instalasi pengolahan air limbah. Mengidentifikasi bahaya dalam pengolahan air limbah serta melakukan tindakan keselamatan dan kesehatan kerja terhadap bahaya dalam pengolahan air limbah.

Zoom Meeting

Selain itu ada narasumber Dr Eng Arie Dipareza Syafei dengan judul pelatihan, ‘Penanggung Jawab/Manajer Pengendalian Pencemaran Udara – MPPU’. Untuk sesi ini berlangsung dengan cara online ‘Zoom Meeting’.

Selanjutnya ada pelatihan dengan judul, ‘Penanggung Jawab Operasional Instalasi Pengendalian Limbah B3 – OPLB’ oleh Prof Dr Ir Teguh Soedarto MP, juga melalui ‘Zoom Meeting’.

Selanjutnya sesuai jadwal, besok, Jumat (5/8/2022), berlangsung uji kompetensi dengan penanggung jawab, LSP Lingkungan Hidup Nasional. Penguji adalah assesor dari LSP LHNas, yaitu Dr Ir Diah Susilowati MT.

Pada kesempatan itu, Ketua DPP PPSLI Sumut Drs Tumpal Sitorus menyampaikan apresiasi kepada perusahaan yang sudah mengirimkan peserta untuk ikut pelatihan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas LH Sumut yang memberi dukungan atas terlaksananya kegiatan ini.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment